6 Penyebab Kebakaran pada Mobil


Kebakaran pada mobil akhir-akhir ini kerap terjadi akibat kelalaian pengguna ataupun hal lain yang tidak bisa diprediksi dari mana datangnya. Oleh karena itu saya akan memposting beberapa pengetahuan soal penyebab kebakaran itu (sepengetahuan saya) walaupun saya sendiri bukanlah seorang teknisi mesin. Namun ini adalah hal umum yang mungkin sebagian orang juga sudah mengetahuinya.

1. Oli

Pada dasarnya, karakteristik oli mudah terbakar jika terkena sumber panas. Misalnya:

A. Sistem oli bocor pada kendaraan yang melaju. Tetesan oli terpercik ke mesin yang kondisinya panas yang pada akhirnya memicu timbulnya api.

B. Sekat/seal oli rusak. Hal ini menyebabkan oli merembes dan merambat ke bagian mesin kendaraan sehingga berpotensi terbakar.

C. Jika oli kendaraan tidak diganti secara rutin, maka dapat berdampak pada berkurangnya viskositas/kekentalan olj yang mengakibatkan mesin cepat panas, aus dan berpotensi terjadi kebakaran kendaraan ketika terpercik.

2.Komponen Elektrik

Komponen elektrik dapat berupa hubungan singkat/short-cirkuit. Hubungan singkat/short-circuit terjadi bila kabel muatan (+) bersentuhan langsung langsung dengan kabel muatan (-).

Contoh: Instalasi kabel yang tidak standar/tidak sempurna pada saat pemasangan aksesoris kelistrikan tamahan sehingga dapat menyebabkan kebakaran. Contohnya pemasangan kabel yang salah saat memasang foglamp.

3. Bahan Bakar

Kebocoran selang atau tangki bahan bakar di area engine kendaraan juga berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran kendaraan.

Karenanya, pastikan melakukan service kendaraan secara rutin untuk mengecek dengan teliti bahwa sistem aliran bahan bakar (hose, tube) atau tangki bahan bakar dalam keadaan baik yakni tidak bocor atau pun retak, juga pengencangan clamp (penjepit/klem) sehingga selalu dalam keadaan baik dan pada posisi benar.

4. Exhaust

Kualitas bahan bakar yang tidak bagus mengakibatkan tidak sempurnanya pelepasan gas buang kendaraan sehingga masih menyisakan kotoran yang tertinggal dan tersumbat di exhaust system.

Kotoran tersebut dapat ikut terbakar jika kondisi kendaraan sedang berjalan dimana exhaust sedang dalam keadaan panas.

5. Air Radiator

Air radiator yang biasanya kurang atau bahkan habis alias kering dapat mempengaruhi radiator mobil. Sehingga gesekan bisa terjadi dan menyebabkan mobil cepat panas. Apabila tidak segera ditangani akan menimbulkan kebakaran ringan yang bisa-bisa bila kita lalai akan merembet ke komponen-komponen mesin lainnya.

6. Penyebab Eksternal

Penyebab kebakaran kendaraan ini bisa terjadi misalnya memarkir kendaraan di dekat area sumber api, membuang puntung rokok di dalam kendaraan, meninggalkan kain/lap atau bahan apapun di area mesin kendaraan dan sebagainya.

(sumber : http://www.detik.com dengan tambahan seperlunya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s