Tips Mengurangi Rabun Jauh


Rabun mata memang adalah suatu gejala cacat pada mata yang seringkali tidak dapat kita sangakal datangnya. Entah itu karena faktor keturunan (gen), pola hidup maupun faktor etnis. Cacat matah yang biasa disebut miopi ini tidak dapat fokus dalam melihat jauh lantaran kondisi dimana sinar yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur.

Klasifikasi miopia yang umum diketahui adalah berdasarkan ukuran dioptri lensa yang dibutuhkan untuk mengoreksinya.

  • Miopia ringan, lensa koreksinya 0,25 s/d 3,00 Dioptri.
  • Miopia sedang, lensa koreksinya 3,25 s/d 6,00 Dioptri.
  • Miopia tinggi, lensa koreksinya > 6,00 Dioptri. Penderita miopia kategori ini rawan terhadap bahaya pengelupasan retina dan glaukoma sudut terbuka.

Penyembuhan/terapi yang bisa dilakukan ada 2 versi:
Menurut informasi yang pernah saya dapatkan karena saya sendiri adalah seorang pengidap cacat mata ini adalah:
1. Sering-seringlah melihat ke langit biru dan pandangilah titik terjauh yang anda lihat.
2. Sering-sering cuci mata dengan melihat tumbuh-tumbuhan hijau.
3. Makan makanan yang mengandung vitamin A (wortel, pepaya, dll)
4. Melakukan senam mata (gerak-gerakan bola mata anda secara perlahan-lahan ke kanan & ke kiri).
5. Kompres mata anda dengan buah mentimun untuk menghilangkan kotoran yang mungkin dapat mengganggu penglihatan anda.
6. Kompres mata anda dengan kentang untuk menghilangkan kantung mata anda (berwarna kehitam-hitaman di bawah mata anda)
Sedangkan menurut Dr. William Bates adalah :
1. Bersembunyi
Latihan penglihatan ini membantu mata untuk rileks dan beristirahat. Cobalah duduk dengan nyaman di depan meja kemudian taruh beberapa bantal hingga tingginya sejejer mata. Letakkan siku tangan di atas bantal tersebut kemudian tutup mata dengan dua telapak tangan hingga tidak ada cahanya yang masuk. Bernapaslah perlahan, santai dan membayangkan dalam kegelapan. Mulailah melakukan hal ini selama 10 menit sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
2. Menggoyangkan Bola Mata
Cobalah berdiri dan fokus pada titik yang jauh, lalu goyangkan bola mata dari kiri dan kanan atau sebaliknya sambil berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Berkedip berguna untuk membersihkan dan melumasi mata.
3. Memilih Satu Warna dalam Satu Hari
Pilihlah satu warna berbeda tiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warna daripada bentuknya.
4. Berjemur
Cobalah untuk melakukan hal ini sekali dalam sehari. Kegiatan ini membutuhkan hari yang cerah atau cahaya lampu yang bagus.
Caranya tutup mata lalu lihat langsung ke matahari melalui mata tertutup. Sambil melihat matahari, perlahan-lahan gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan sampai sejauh yang Anda bisa hingga hampir menyentuh pundak. Hal ini membantu membawa lebih banyak sirkulasi darah ke leher. Lakukan hal ini selama 3-5 menit.
5. Menggeser Penglihatan
Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk menatap layar komputer di depan wajahnya. Cobalah untuk menggeser penglihatan Anda pada tenunan kain di lengan baju, poster di dinding atau pohon di seberang jalan. Hal ini dapat membantu meningkatkan penglihatan periferal dan dapat membantu rabun jauh, rabun dekat dan masalah penglihatan lainnya. Bahkan pada beberapa kasus bisa menghilangkan katarak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s