ISI Solo, Next My Destination…


Setelah bergelut untuk mencari universitas kesana-kemari, akhirnya admin dunia korap dapat melanjutkan kuliahnya di salah satu kampus ternama di Indonesia, yakni Instiut Seni Indonesia Surakarta. Walaupun baru dibilang masih baru, karena nama ISI Surakarta sendiri baru diresmikan oleh Departemen Pendidikan Nasional sekitar tahun 2006, namun ISI Surakarta yang dulunya bernama STSI, Sekolah Tinggi Seni Indonesia ini, ternyata adalah salah satu institut seni tertua di Indonesia tentunya setelah ISI Jogja.

Segala puji bagi Allah, segala perjuangan saya akhirnya membuahkan hasil juga. Setelah gagal menempuh saringan masuk melalui jalur undangan atau yang dulunya dikenal dengan PMDK dan gagal di ujian tertulis atau yang biasa disebut SNMPTN yang kesemua itu saya targetkan kepada Universitas Sebelas Maret atau yang biasa dikenal dengan UNS Solo.  Kini admin bisa merasakan kesuksesan itu. Sukses jangan dilihat dari hasilnya, namun segala seluk-beluk prosesnya. Proses mendaftar, proses ketika melaksanakan ujian, karena saya sendiri berasal dari kota bunga, Malang yang jauh-jauh datang ke Solo untuk mengikuti ujian baik ujian tulis masuk UNS maupun ujian praktek masuk ISI Surakarta. Bolak-balik Malang-Solo yang tentunya dibutuhkan waktu berjam-jam, tenaga, maupun psikis yang tiada henti-hentinya terkikis alias menciut. Saya akui, dari seluruh keluarga saya, baik keluarga jauh maupun dekat kesemua itu tidak ada yang menetap di Solo. Mungkin ada keluarga jauh yang menetap di sekitar Sragen ataupun Magelang, Jawa Tengah. Namun kedua kota tersebut sangatlah jauh dari Solo. Kebanyakan dari anak yang menempuh pendidikan bukan dari kota asalnya alias merantau itu minimal masih mempunyai keluarga jauh yang menetap di kota tersebut. Sedangkan saya sendiri saya akui sudah benar-benar luar biasa bisa seperti ini hingga saat ini. Psikis yang tentunya merasakan perbedaan tempat yang tempat tersebut belum pernah saya jamahi seumur hidup saya sehingga membuat psikis saya sedikit mengendur. Tidak ada yang kenal pada saya apalgi akrab serasa hidup di kota yang asing bagi saya.

Namun kesemua hal itu tida mengendurkan sedikitpun minat saya untuk menempuh pendidikan di desain interior ISI Surakarta, karena saya sudah benar-benar  minat dan cocok dalam jurusan tersebut. Apaagi saya memiliki bakat menggambar yang tentunya tidak bisa teraktualisasikan apabila tidak melanjutkan kuliah di desain interior. Ya, desain interior yang memang adalah suatu jurusan yang unik dan jarang di Indoensia. Hanya terdapat di 5 universitas-universitas negeri di Indonesia yakni : Institut Teknologi Bandung, Universitas Hassanudin Makassar, Universitas Sebelas Maret Solo, ISI Solo dan ISI Jogja. Tidak semua orang tahu desain interior. Kebanyakan yang mereka tahu kuliah ya hanya di jurusan kedokteran, hukum, manajemen ataupun teknik. Saya pribadi memandang bahwa ke depannya, prospek kerja desain interior akan sangat cerah, mengingat banyaknya dibutuhkan jasa-jasa di bidang interior seperti interior bank, rumah sakit, restoran, apartemen, kendaraan, bahkan cluster-cluster perumahan yang sekarang sedang tren-tren-nya. Tidak seperti DKV atau yang biasa kita kenal dengan desain komunikasi visual alias desain grafis. Sudah banyak universitas-universitas baik negeri maupun swasta yang membuka jurusan tersebut. Apalagi ditambah dengan ketatnya persaingan dengan anak-anak SMK yang saat ini mereka juga sudah menguasai di bidang grafis bagi yang masuk dalam jurusan multimedia atau semacamnya.

Kembali lagi ke ISI Surakarta, baru-baru ini ISI Surakarta membuka gedung baru alias gedung 2, yakni di jalan Ringroad, Mojosongo, Solo. Jalan yang memutar yang menghubungkan Solo dengan Purwodadi tanpa melalui kota Solo. Setelah sebelumnya kampus 1 ISI berada di daerah Kentingan, tepatnya di jalan Ir. Sutami, kecamatan Jebres, Surakarta. Kampus 1 digunakan untuk fakultas seni pertunjukan sedangkan kampus2 digunakan untuk FSRD/Fakultas Seni Rupa dan Desain. Suasana asri, yang masih sepi dan lengang dan ditambah area yang sangat luas bisa menjadi cikal bakal berkembangnya kampus 2 ISI Surakarta ini. Hamparan sawah dan kebun di sisi kanan dan kiri kampus memperindah suasana kampus. Yang jelas gedung baru ini menambah daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa baru termasuk saya sendiri.

ISI KAMPUS 2

ISI KAMPUS 2 2

ISI KAMPUS 2 3

ISI KAMPUS 2 4

ISI KAMPUS 2 5

Mudah-mudahan kelak saya bisa benar-benar meraih kesuksesan dan pendidikan yang berkualitas agar bisa bersaing kedepannya nanti. Serta semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT dan tidak ingin mengecewakan orang tua yang telah berjuang keras mengusahakan pendidikan yang terbaik buat saya.

Amiiinnnn…….

One response to “ISI Solo, Next My Destination…

  1. lanjutkan mas..🙂

Leave a Reply

